# # Bukan Laman Resmi # # Jalan Letjend Sutoyo 78 Pare Kediri # Misa Mingguan Pagi : 06.30 WIB # Misa Mingguan Sore : 18.00 WIB # Misa Harian Pagi (Senin, Selasa, Kamis, Sabtu ) : 05.30 WIB # Misa Harian Sore (Rabu, Jumat ): 18.00 WIB # Misa Bahasa Jawa : Minggu ke V Tiap Bulan pukul 18.00 WIB #

Minggu, 31 Agustus 2014

Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan Secara Pribadi Sebelum Menerima Sakramen Tobat ?

Hari Raya Maria Diangkat Ke Surga
10 Agustus 2014

        Kita perlu secara pribadi mempersipakan diri mengaku fengan baik dan benar, sebelum menuju ' Ruang Pengakuan Dosa'. Langkah-langkah yang perlu dipersiapkan :
  • kita memiliki niat baik untuk kembali kepada Allah seperti si anak yang hilang ( Luk 15:17-19)
  • kita mengakui dosa-dosa dengan penuh rasa penyesalan di hadapan wakil Allah : Imam ( bdk Yoh 20:23)
  • kita berkemauan keras menghindari dosa tersebut di kemudian hari dan hodup sesuai dengan kehendak Tuhan
      Untuk melakukan hal-hal ini, langkah yang penting adalah melalui pemeriksaan batin, yaitu : menyadari akan tingkat beratnya dan jumlah / frekuensi dosa kita, baik dalam pikiran , perkataan maupun perbuatan.
       Menyadari bahwa karena dosa kita, hubungan baik dengan Allah dan Gereja rusak, menjauh dari perlindungan Allah yang sangat mencintai kita, dan kita menderita sengsara karena terpisah dari cinta Allah.
        Dalam pemeriksaan batin, kita perlu :
  • Berdoa kepada Roh Kudus mohon penerangan dan ketulusan hati.
  • Membaca teks Kitab Suci untuk membantu kita merenungkan akibat dosa, besarnya kasih Tuhan dan kesediaanNya untuk mengampuni kita. Beberapa ayat yang dapat dibaca untuk membantu pemeriksaan batin : Mat 5:19-48 ; Mat 7:1-6 ; Luk 15:3-32
  • Memeriksa diri sendiri dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan menganai tugas, kewajiban, pelayanan yang telah dilakukan kepada Tuhan, sesama dan diri sendiri.
          Sumber : Buku Katekese Liturgi Keuskupan Surabaya 201

1 komentar: